Enaknya Hidup Tanpa Sembelit

Waspadalah terhadap semeblit

KD DALAM WC

Jangan Berlama-Lama dalam Toilet

Jangan berlama - lama di dalam toilet

Meski sepertinya sepele, tindakan berlama-lama di kloset memang tidak dianjurkan. Apalagi bila buang air besar (BAB) disambi membaca koran dan majalah atau aktivitas lainnya. Hal tersebut bisa mengakibatkan munculnya wasir.

Menurut dr Iwan Kristian SpBD, tindakan itu akan mengalihkan konsentrasi yang semula untuk BAB jadi fokus pada topik yang dibaca. Akhirnya, keinginan untuk BAB pun berkurang. Ini yang membuat tinja (feses) batal keluar. “Kalau mau BAB ya konsentrasi untuk BAB saja. Jangan disambi lainnya,” tutur Iwan.

Kondisi tersebut meningkatkan tekanan terhadap pembuluh darah balik. Bila berlangsung lama, pembuluh darah balik itu melebar atau membengkak. Dan, muncullah ambeien alias wasir.

Namun, itu bukan berarti BAB harus tergesa-gesa. Spesialis bedah digestif dari RS Husada Utama Surabaya tersebut mengatakan, waktu BAB seperlunya saja. Jangan terlalu lama atau malah ingin segera menuntaskan. “Santai saja. Kalau memang belum sakit betul, ya jangan keburu ke kloset. Sehingga tak akan berlama-lama berada di kamar mandi,” paparnya. Konstipasi, ditambah kebiasaan mengejan, dan tidak puas saat BAB, juga dianggap sebagai penyebab seseorang menderita wasir.

Iwan mengatakan, ada beberapa faktor yang dapat memicu sembelit. Yakni diet rendah serat, minim aktivitas fisik, stres, serta kurang minum. Juga, peningkatan kadar hormon progesteron, estrogen yang berdampak pada menurunnya motilitas (gerak) usus. “Itu yang memicu banyak ibu hamil yang menderita wasir,” terangnya.
Sumber : Jawapos

September 30, 2010 - Posted by | Celeb Dalam Toilet | , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: