Enaknya Hidup Tanpa Sembelit

Waspadalah terhadap semeblit

MELLY GOESLOW

Hobi Nongkrong Lama di Toilet Jadi Pemicu Ambeien

Jangan terlalu lama nongkrong di toiletSEJAK SMA, Wiwik Mudjiati memiliki kebiasaan membawa bacaan, seperti majalah atau koran, setiap hendak buang air besar (BAB). Bila sudah begitu, dia betah berjam-jam dalam kamar mandi. Akibat kebiasaan tersebut, dia menderita ambeien atau wasir.

Perempuan yang kini berusia 32 tahun itu bercerita pernah berobat ke dokter. Bahkan, dia sudah menjalani operasi karena ambeien. Meski begitu, dia tidak bisa menghentikan kebiasaan tersebut. “Rasanya garing. Tidak enak kalau diam saja di kamar mandi,” ujarnya.

Alasan lain, Wiwik menyatakan tidak bisa BAB tiap hari. Nah, ketika BAB, rasanya ingin dinikmati. “Kalau tidak membaca, ya SMS-an atau chatting dengan menggunakan handphone (HP),” jelasnya.
Membaca sambil BAB, bisa jadi pemicu ambeyenWiwik BAB sambil membaca majalah atau koran maupun ber-SMS-an, Sampai saat ini, kebiasaan tersebut terus berlanjut. Hanya, marketing RS Husada Utama itu menjelaskan tidak bisa terlalu lama berada dalam kamar mandi. “Paling hanya setengah jam. Sebab, anak-anak pasti cari saya kalau terlalu lama di kamar mandi,” ujarnya.

Ibu tiga anak tersebut menuturkan, ambeiennya kembali muncul ketika melahirkan anak kedua. Saat itu wasir yang keluar langsung dua. Setelah dia melahirkan anak ketiga, muncul satu lagi haemorrhoid. Jadi, saat ini ada tiga benjolan.

Wiwik sudah sering berkonsultasi dengan dokter mengenai ambeien itu. Dokter menyarankan dia menjalani operasi. Walau begitu, Wiwik tidak segera memeriksakan diri meski tidak dikenai biaya. “Dengar kata operasi, nyali saya ciut. Saya takut sekaligus malu untuk operasi,” papar dia.

Karena tak bersedia dioperasi, mau tak mau Wiwik selalu siap ketika wasir itu kumat. Terutama, kala dia capek atau setelah makan makanan pedas. “Sakitnya minta ampun. Tidak bisa duduk, hanya berdiri. Tidur pun tengkurap, tidak bisa telentang,” ucapnya. “Biasanya, saya minta tolong suami memasukkan obat ke dubur. Setelah itu, kondisi saya lebih baik. Sakitnya bisa berkurang,” tambah dia.
(ai/c11/nda)

Sumber : Jawapos.

Oktober 11, 2010 - Posted by | Celeb Dalam Toilet | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: