Enaknya Hidup Tanpa Sembelit

Waspadalah terhadap semeblit

SYAHRINI

JAKARTA – Teh merupakan minuman yang sudah tak asing lagi bagi

Mantan pasangan duet anang ini, mulai menganti teh kental dengan air putih.

masyarakat. Minuman berwarna coklat ini sering dikonsumsi masyarakat di berbagai belahan dunia. Selain harum, teh juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan dan juga kecantikan. Namun ternyata, teh juga berbahaya untuk kesehatan bila dikonsumsi terlalu pekat.

“Teh yang terlalu pekat dan juga pahit, memang bisa mengatasi diare. Tapi, jika kita sedang tidak mengalami diare, sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan. Sebab bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit,” kata Rina Poerwadi, pakar kesehatan, usai acara bertajuk “Manfaat Teh untuk Kesehatan”, di Kidzania, Mal Pacific Place, Jakarta, kemarin (13/1).

Untuk itu, Rina menyarankan agar penyeduhan teh sebaiknya tidak lebih dari tiga menit. Tiga menit, sambung Rina, adalah waktu yang cukup untuk merilis polifenol flavonoid, senyawa antioksidan yang banyak dijumpai dalam tanaman obat. “Usai tiga menit, teh langsung diangkat. Kalau diseduh terlalu lama, khasiatnya sudah tidak ada lagi,” paparnya.

Polifenol merupakan antioksidan dalam teh. Senyawa antioksidan ini mampu menyingkirkan radikal bebas yang menjadi penyebab utama penuaan dan penyakit pada manusia. Selain pada teh, polifenol juga bisa ditemukan pada minyak zaitun, anggur merah, dan teh hijau. Polifenol hanya bisa bertahan tiga jam.

Selain itu, teh juga mengandung senyawa yang berkhasiat untuk mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung. “Orang yang minum 3 cangkir teh hijau, memiliki resiko stroke 21 persen lebih rendah dibanding bukan peminum teh,” papar wanita yang juga seorang ahli kuliner sehat ini.

Rina menuturkan, teh juga dapat menghilangkan stres. Mereka yang meminum teh secara teratur, memiliki kemampuan menanggapi stres yang datang secara lebih tenang. Pikiran-pikiran negatif pada peminum teh juga lebih cepat dibalikkan daripada orang yang jarang minum teh. (mug/ito/jpnn)

Sumber: JPNN

Januari 24, 2011 - Posted by | Tips Atasi Sembelit | , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: