Enaknya Hidup Tanpa Sembelit

Waspadalah terhadap semeblit

RANI JULIANI

Rabu, 08/06/2011 18:15 WIB

Penyakit yang Bisa Ditularkan Lewat Dudukan Toliet

Eya Ekasari – wolipop

Trik menghindari BAB di toilet umum yang jorok.

Jakarta – Walau terlihat bersih, dudukan toilet umum tetap saja menimbulkan kekhawatiran. Bahkan tidak sedikit orang yang menghindari menggunakan toilet duduk karena takut tertular kuman bahkan penyakit kelamin seksual.

“Toilet duduk bukan media penularan penyakit menular seksual,” ujar Dr Sophia Yen, MD, spesialis kesehatan remaja di Lucile Packard Children’s Hospital di Palo Alto, California, seperti dikutip dari detikhealth.

Walau tidak menularkan penyakit kelamin, dudukan toilet bisa memberikan risiko tertular penyakit lain. Misalnya saja iritasi kulit dan diare. Namun penyakit ini hanya bisa terjangkit jika ada kontak langsung pada tubuh melalui selaput lendir seperti, mata, hidung, mulut dan luka.

“Herpes dan HIV tidak akan ditularkan melalui toilet duduk karena kedua virus tadi tidak akan bertahan hidup di luar tubuh manusia. Tapi ada risiko kecil toilet umum duduk menularkan infeksi yang menggiring pada iritasi kulit ringan. Jika setelah dari toilet yang kotor tangan menyentuh mata, hidung dan mulut, maka bakteri dapat menyebabkan diare,” papar D Scott Smith MD, pemimpin penyakit infeksi di Kaiser Permanente Redwood City Medical Center di California, dikutip dari eHow.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya ketahui cara aman menggunakan toilet umum.

1. Usahakan untuk menghindari kamar mandi di deretan tengah, karena umumnya tempat tersebut terkumpul lebih banyak bakteri. Cobalah pilih kamar mandi pertama yang kemungkinan masih lebih bersih dan tidak banyak mikroorganismenya.

2. Jangan meletakkan tas atau dompet di lantai kamar mandi, meskipun lantai terlihat bersih. Jika terdapat gantungan letakkan tas di sana atau gantungkan tas di bahu jika memang tidak ada tempat untuk menaruhnya.

3. Sebelum digunakan, lap terlebih dahulu dudukan toilet dengan menggunakan tisu.

4. Tarik celana atau rok hingga mencapai betis untuk menghindari terkena semprotan air, tapi jangan terlalu rendah karena berisiko menyentuh lantai kamar mandi.

5. Bersihkan dan lap bagian kemaluan saat masih dalam posisi jongkok, kondisi ini untuk mencegah bagian tubuh lain atau pakaian terkena kotoran.

6. Usahakan untuk membilas (flush) toilet ketika akan keluar dari kamar mandi, hal ini untuk menghindari mikroorganisme dari air toilet menempel di tubuh.

7. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan secara menyeluruh dengan menggunakan air mengalir dan sabun, tapi jangan lupa untuk mengeringkannya dengan menggunakan tisu atau pengering elektrik.

Oktober 26, 2011 - Posted by | Celeb Dalam Toilet |

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: